5 Android App untuk Perpanjang Durasi Battery Smartphone Kamu

Posted: May 27, 2013 by Rifan Fernando in Articles
Tags: , , , , , ,

Ilustrasi Battery Management_upload

Pemmz Holics semua pasti setuju dengan statement Smartphone tanpa performa battery yang mumpuni sama saja bohong. Karena hardware yang dibenamkan juga aktifitas aplikasi yang berjalan pararel (multitasking) pada Smartphone sangat-sangat menguras kapasitas battery. Belum lagi ukuran display LCD yang rata-rata cukup besar dengan resolusi yang kian waktu kian mengagumkan. Disinilah kita sebagai pengguna Smartphone di tuntut agar lebih “smart” lagi memaksimalkan gadget kita terutama mengefisienkan kapasitas battery. Setuju? :D

<

Nah, kali ini yang akan kita bahas bukan bagaimana cara memperbesar kapasitas battery, atau mencari battery merk pihak ketiga dengan kapasitas yang lebih besar, melainkan bagaimana kita memaksimalkan kapasitas battery yang sudah ada. Salah satu cara yang umum di lakukan adalah menggunakan aplikasi Battery manajemen. Namun, begitu banyak aplikasi battery manajemen di App Store yang menawarakan diri, mulai dari yang gratis hingga yang berbayar, untuk itulah Pemmz pilihkan 5 diantaranya yang benar-benar sudah teruji dan terbukti memberi manfaat.

Juice Defender

juice_defender

Pertama kali mencoba Juice Defender, terasa sekali jika aplikasi ini langsung memberi efek yang signifikan. Bagaimana melihatnya? Tentu kita hafal dengan rutinitas kita, misalkan pagi cabut dari charger jam 6, pada saat Smartphone belum kita instal JD, system akan memberi warn jika kapasitas battery > 15% sekitar jam 2 siang. Namun, setelah JD terinstal, warn baru muncul sekitar jam 19 malam. Signifikan bukan. Lalu apa saja yang di kerjakan JD ini?

Terutama untuk versi gratisnya, di awal penulis memilih preset “balanced” dimana preset ini tidak terlalu membuat aplikasi benar-benar deep sleep, dan hanya menutup aktifitas data si aplikasi. Kita masih bisa memilih aktifitas system mana yang akan kita non-prioritaskan. Pada versi gratis terdapat berbagai fitur optimalisasi battery seperti mobile data toggle automation, dan CPU scaling terutama saat posisi idle, dan beberapa fitur lain yang tak kalah penting.

Jika anda membutuhkan kontrol yang lebih advance, Juice Defender juga menawarkan versi¬† Plus ($1.99) dan Ultimate ($4.99). Misalnya, versi Plus menambah preset “extreme” dan “customized” termasuk fitur location-aware WiFi control, yang memungkinkan wifi hanya aktif di area rumah atau kantor. Versi Ultimate menawarkan fleksibilitas peak hours dan weekend setting, autosync, dan kontrol GPS yang lebih advance.

Battery Defender

Battery Defender

Untuk anda yang menginginkan aplikasi battery manajemen yang lebih simple, bisa coba aplikasi yang satu ini. Ya, Battery defender selain free, juga menawarkan proses yang sangat praktis. Semua dibuat otomatis hanya dengan mengaktifkan aplikasi ini. Dan yang banyak disukai dari aplikasi ini adalah icon persentase battery pada notification bar. Untuk menon-aktifkan beberapa koneksi yang seringkali menguras battery seperi wifi, gps, data, dan bluetooth, pengguna cukup menggeser switch masing-masing toggle.

Battery defender juga menawarkan fitur pemilihan aplikasi apa saja yang akan anda perbolehkan mengakses data (white list) yang juga akan menghemat konsumsi quota data anda. Fitur lain yang tak sangat bermanfaat adalah Genius Scan, yang memungkinkan aktifitas sync terjadwal setiap 15 menit sekali. Opsi Quiet sleeping memungkinkan semua aktifitas data off saat malam hari atau jam-jam dimana anda tak memerlukan akses data.

Easy Battery Saver

Easy Battery Saver

Easy Battery Saver memiliki konsep kerja gabungan antara Juice Defender dan Battery Defender. Terdapat beberapa mode preset yang bisa anda pilih namun dengan kemudahan sedikit dibawah Battery Defender. Aplikasi ini sangat cocok bagi anda yang butuh penghematan battery yang lebih fleksibel namun tetap praktis.

Terdapat 4 preset yang bisa anda pilih mulai dari General, Intelegent, Super Power Saving, dan Advanced Customized mode. Easy battery saver bekerja dengan menata koneksi network, screen time out juga screen brightness. Seperti Juice Defender, aplikasi ini juga menawarkan sleep mode yang bisa di seting. Pilih Normal mode, dan aplikasi ini otomatis berhenti bekerja.

2x Battery Saver

2x Battery Saver

Sama seperti Battery Defender, Aplikasi ini juga menonjolkan proses seting yang simple. Setelah aplikasi terinstal, anda bisa mulai memasang widget bawaan aplikasi di home sceen untuk kemudahan kontrol. Ada beberapa widget yang masing-masing widget terdapat toggle switch yang berbeda. Aplikasi ini bekerja hampir sama dengan dua aplikasi di atas, memanajemen koneksi termasuk penjadwalan waktu koneksi aktif, juga opsi night mode.

Hal lain yang cukup menonjol pada 2x Battery Saver adalah perhitungan (estimasi) sisa hidup battery. Mulai dari gambaran kesehatan battery, persentase terbaru daya yang digunakan, waktu start sejak Smartphone lepas dari charger hingga estimasi waktu ekstra  yang di dapat pengguna saat apllikasi aktif. Walau terkadang fluktuasinya meloncat cukup jauh (tergantung dari penerimaan signal) hingga kita sendiri harus melakukan sedikit pengaturan manual. Aplikasi ini juga mampu memberikan laporan history penggunaan battery dalam bentuk grafis pada pengguna, hinga pengguna tahu waktu-waktu mana saja battery terkuras lebih banyak.

Go Power Master

Go Power Master

Aplikasi ini paling sering di pakai oleh pemakai Smartphone Android saat pertama kali belajar mengutak-atik Smartphone. Pasalnya, setiap pengguna yang menggunakan Go launcher, akan terpengaruh juga untuk menginstal Battery Saver ini. Performanya juga bisa disejajarkan dengan keempat aplikasi di atas, baik dari kemudahan user interface maupun fitur yang dibawa seperti mode preset yang fleksibel mulai dari mode reading hingga mode online gaming. Anda juga bisa create hingga 2 buah custom preset jika preset standar tak memenuhi keinginan anda.

Go Power Master Battery Saver akan memantau dan mengkategorikan aplikasi mana saja yang banyak mengkonsumsi daya. Dengan pertimbangan sisa battery, aplikasi ini akan memberi anda saran, aplikasi mana saja yang perlu anda hentikan untuk memperpanjang waktu hidup battery. Atau, anda cukup menekan “optimize button”, dalam sekejap, aplikasi ini akan membersihkan aplikasi yang sekiranya tidak terlalu penting untuk mendapatkan “ekstra life”.

Jika versi free terbatas pada opsi dan seting, versi pro (US$4.99) memberikan tambahan banyak fitur, terutama Ads free. Pada versi Pro, penjadwalan bisa lebih advance, kontrol koneksi seperti Wi-Fi dan bluetooth yang juga lebih detail dan yang paling penting, kontrol ke CPU plus tambahan mode “extreme”.

Dengan dua widget yang otomatis muncul di homescreen saat selesai instalasi, pengguna bisa dengan mudah mengontrol penggunaan aplikasi ini. Dan jika anda upgrade ke versi pro, anda berhak atas tambahan 3 widget lagi. Seperti aplikasi lain buatan Go-Dev, aplikasi ini juga bisa anda permanis dengan skin atau theme. Pengguna juga bisa meng”custom” berapa banyak item yang muncul di notification bar.

Conclusion

Satu hal yang perlu di ingat, penggunaan aplikasi semacam ini memang terkadang hanya terasa di awal. Apalagi jika “fell” anda saat menggunakan smartphone tanpa aplikasi battery saver sudah benar-benar hilang. Namun bagi anda yang rajin bereksperiment, aplikasi-aplikasi diatas sebenarnya tetap memberi manfaat yang positif hanya saja seiring usia pakai battery, terkadang performanya terlihat menurun.

Nah sekarang Pemmz Holics tinggal pilih, mana yang paling cocok. Atau jika mungkin Pemmz Holics punya aplikasi andalan sendiri, kami sangat ingin mendengar reviewnya. Jangan sungkan reply artikel ini untuk semangat berbagi ya ;)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s